Muncul Ikan Berkepala Buaya di Jatiluhur


BANDUNG, TRIBUN - Ikan aligator yang kepalanya mirip buaya, beberapa kali muncul di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Di kalangan pembudidaya ikan keramba jaring apung Jatiluhur, jenis ikan ini cukup besar dan galak serta pernah menggigit manusia.

Menurut sejumlah petani di Jatiluhur, aligator ini sering mengejar gelombang yang dikeluarkan oleh mesin perahu. Satu di antaranya berhasil ditangkap karena terperangkap jaring nelayan air tawar Jatiluhur.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Purwakarta, Herry Herawan Senin (10/12/2012) mengatakan, binatang air yang cenderung karnivora atau pemakan daging. Bianatang sepanjang hampir 1 meter itu kini diawetkan dan disimpan di Kantor Dinas Perikanan Purwakarta.

Munculnya ikan berwarna hitam itu menimbulkan berbagai isu di kalangan para pemancing.

Menurut Udin Cilangohar, ikan itu lepas dari keramba sebanyak lima ekor namun tertangkap oleh jaring nelayan baru dua, yakni seberat 20 kg dan 30 kg. "Malah dikabarkan ada petani yang melihat ikan itu sebesar perahu jukung nelayan, tapi itu hanya kabar angin dari mulut ke mulut," ujar Herry.

Keterangan yang diperoleh Dinas Perikanan Purwakarta, jenis ikan ini bukan ikan asli Sungai Citarum. Ikan ini sejenis latin lepisus peus yang memiliki habitat di sungai-sungai besar di Amerika Tengah dan Selatan.

Jenis ikan ini tergolong omnivora, namun cenderung karnivora dan banyak memakan ikan-ikan lain. Jenis ikan ini sangat berbahaya, terutama bagi anak-anak kecil.

Perkembangbiakan aligator di Waduk Jatiluhur sangat memungkinkan karena di danau seluas 8.300 hektar ini terdapat sekitar 20.000 KJA. Ikan-ikan petani KJA sebagian besar membudidayakan ikan mas dan ikan nila serta sering lepas ke perairan. Ikan-ikan liar itu menjadi santapan aligator. Tidak menutup kemungkinan aligator mampu merobek jaring karena giginya kecil-kecil dan sangat tajam.

Sumber : http://jabar.tribunnews.com/2012/12/10/aligator-ikan-berkepala-buaya-muncul-di-jatiluhur

No comments :

ARTIKEL ACAK

Memuat...

Featured Post

Prediksi 10 Teknologi Tahun 2020

  Dunia memang terus berkembang dari Tahun ke Tahun hingga sampai saat ini kita hidup di zaman yang penuh dengan kecanggihan,dan itulah Ke...

Copyrights © 2015 infonyagratis.Desain Template by infonyagratis